Januari 20, 2018 6:14 am
Breaking News
Home / Hukum &Kriminal / PNS Pungli Warga Bikin KTP Dibekuk Tim Saber Pungli
PNS Pungli Warga Bikin KTP Dibekuk Tim Saber Pungli

PNS Pungli Warga Bikin KTP Dibekuk Tim Saber Pungli

APS18.com,- Driana (42) seorang pegawai negeri sipil (PNS) di Kecamatan Lembursitu, Sukabumi Kota, dibekuk tim saber pungli Polres Sukabumi Kota karena meminta sejumlah uang ke warga untuk bisa mempercepat pembuatan kartu tanda penduduk (KTP).

“Kepada setiap warga, yang bersangkutan meminta sejumlah uang untuk mempercepat pencetakan KTP, jumlah yang diminta sekira Rp 200 ribu,” ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus, Jumat (27/1) petang.
Dikatakan Yusri, pengungkapan berawal dari adanya informasi dari masyarakat yang mengeluhkan biaya pembuatan KTP. Jajaran tim saber pungli kemudian melakukan penyelidikan terkait informasi tersebut.
” Tim pun lakukan penyamaran dan berpura-pura untuk dibuatkan KTP terhadap yang bersangkutan dengan dimintai sejumlah uang oleh yang bersangkutan dan memang betul, pembuatan KTP tak sampai lebih satu hari sudah diterima,” ucapnya.
Polisi mengamankan satu laptop, satu printer, satu flashdisk, dua lembar KTP, dan 16 kartu keluarga warga pemohon KTP, serta sejumlah uang yang diduga hasil penarikan yang bersangkutan kepada warga.
“Saat ini kita masih lidik terhadap pelaku, guna dilakukan pendalam dan pengembangan,” tandasnya. (otg)