Februari 20, 2018 6:16 pm
Breaking News
Home / UMKM / Ada ‘Kampung Mangut’ di Mangunharjo
Ada ‘Kampung Mangut’ di Mangunharjo

Ada ‘Kampung Mangut’ di Mangunharjo

APS18.com,-  Mengunggulkan potensi daerahnya yang berdekatan dengan pesisir pantai, Kecamatan Tugu mengandalkan daerah Tanggul Sari di Kelurahan Mangunharjo sebagai Kampung Tematik ‘Kampung Mangut’.

Kini warga Tanggul Sari sudah tersentralkan membentuk wadah paguyuban Serba Guna, berisi para pengusaha penghasil ikan dengan produk utamanya yakni ikan asap.

Camat Tugu Yenuarso menunjuk Tanggul Sari Mangunharjo sebagai Kampung Mangut lantaran pengusaha pengasapan ikan sudah lama bertahun-tahun mengembangkan bisnis ikan asap. Potensi ini sebagai penggerak perekonomian warga Tanggul Sari setiap harinya dengan menyupali ikan mangut di Semarang.

“Mangunharjo RW 5 Tanggul Sari kita kembangkan potensinya menjadi pemghasil ikan asap, meski sudah menjadi sentra pengsapan ikan oleh Dinas Perdagangan dan Perindutrian tapi tetap kita pacu,” katanya.

Sementara Wakil Ketua Paguyuban Serba Guna Tuminah menyampaikan, meski hanya tersisa sembilan pengusaha ikan asap tapi untuk penyerapan produk ikan asap dari waktu ke waktu selalu meningkat.

“ Kalau pengusahanya berkurang karena banyak para penerusnya enggan berkecimpung, tapi kalau permintaan selalu naik dan kita maksimalkan, setiap hari bisa 200-300 kg tiap pegusaha mensuplai kebutuhan ikan asap di pasaran,” bebernya.

Sebagai Kampung Tematik, pihaknya kini berharap dengan tambahan bantuan yang rencananya Rp 200 juta bisa dimanfaatkan dalam bentuk pembelian bahan baku tempurung batok kelapa dan bahan baku ikan yang kadang susah didapatkan.

“ Bahan baku seperti ikan manyung dan kakap kadang susah didapatkan tergantung musim ikan. Kita beli di pengepul ikan dan Pasar Kobong, bantuan yang ada bisa dimanfaatkan sebagai pembelian bahan bakar batok kelapa dan ikan tersebut,” katanya.

Saat ini pihaknya juga sudah pernah mendapat bantun dari pemerintah kota dan propinsi dalam bentuk bahan baku ikan dan pembuatan peralatan cerobong pengasapan. (bjn)