Februari 20, 2018 6:14 pm
Breaking News
Home / UMKM / Kerajinan Batok Kelapa Tembus Pasar Eropa
Kerajinan Batok Kelapa Tembus Pasar Eropa

Kerajinan Batok Kelapa Tembus Pasar Eropa

APS18.com- Kerajinan batok kelapa di Klungkung, Bali kini merambah pasar Ekspor. Selain Jepang, kerajinan batok kini merambah pasar Eropa. Batok kelapa yang kurang berharga mampu disulap menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi oleh pengrajin batok I Gede Suriawan. Bahkan perkembangannya, kerajinan kini mampu merambah pasar Eropa dan Asia, tidak hanya dipasarkan di pasaran lokal.

Berbagai komoditas seni mampu dihasilkan melalui batok kelapa, mulai dari asbak, sendok serta kerajinan seni lainnya yang belakangan banyak peminatnya. Bahkan produk ini laris di pasaran jepang karena terbuat dari bahan alami terutama perabotan rumah tangga.

Cara pembuatan sangatlah mudah, batok kepala sebelumnya dihaluskan dan diampelas sehingga serat-serat hitam keluar dari tempurung tersebut. Selanjutnya tempurung diolah menjadi berbagai barang seni sesuai dengan pesanan.

Selain mengkreasi desain sendiri, diakui para konsumen biasanya juga membawa desain tersendiri terutama pesanan dari luar negeri. Harganya pun sangat terjangkau mulai dari kisaran Rp 9 ribu hingga Rp100 ribu tergantung tingkat kesulitan pengerjaannya

“Di tengah majunya industri kerajinan ini, peran pengerajin belakangan mengakui kesulitan dalam hal bahan baku batok kelapa,” ujarnya.

Dirinya harus membeli utuh untuk dibelah hanya diambil tempurungnya saja. Walau harganya sangat tinggi jika dibandingkan kita membeli hanya tempurung kelapa saja.(otg)