Desember 15, 2017 3:29 pm
Breaking News
Home / UMKM / UMKM Perlu Diasah dan Didampingi
UMKM Perlu Diasah dan Didampingi

UMKM Perlu Diasah dan Didampingi

APS18.com,- Pemerintah menilai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) milik Indonesia cukup banyak diminati oleh negara-negara lainnya. Pasalnya, UMKM Indonesia yang mayoritas berupa kerajinan tersebut menyimpan banyak keunikan sehingga menarik minat dari mancanegara.

Sebagai buktinya, saat pergelaran Inacraft 2017 beberapa waktu lalu, ada satu UMKM yang dibawa ke Milan, Itali. Bahkan saat dibawa ke Itali, UMKM asal Cilacap tersebut langsung mendapatkan order sebanyak 7 kontainer.

Menurut Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf, meskipun banyak diminati, untuk bisa berbicara di kancah internasional, UMKM memerlukan pendampingan kerajinan. Pasalnya belum semua UMKM sudah terasah pendampingan untuk desain bisnis maupun bagaimana mempromosikan produk secara efektif di luar negeri.

“Bahwa UMKM harus selalu ditingkatkan kemampuannya, enggak semua punya kemampuan, karena jumlahnya banyak sekali, di situlah terjadi proses seleksi,” ujarnya di ICE BSD, Tangerang, Selasa (9/5) petang.

Nantinya jika sudah terasah, mereka yang terbaik akan dibawa ke luar negeri oleh pemerintah. Bahkan, pemerintah juga akan memfasilitasi agar UMKM tersebut bisa masuk ke transaksi hingga bisa membuka bisnisnya di luar negeri.

“Bukan hanya dibawa ke luar negeri tapi juga akan masuk ke transaksi hingga membuka bisnis ke luar negeri,” kata Triawan.

Meski begitu, dirinya tidak bisa menargetkan berapa banyak UMKM yang bisa difasilitasi untuk berbicara di kancah internasional. Pasalnya, dana yang dimiliki pemerintah terbatas untuk memfasilitasi para UMKM tersebut.

“Kalau ditarget sulit, karena semakin lama semakin luas tergantung anggaran yang kita punya karena memberangkatkan orang ke luar negeri itu cukup banyak. Anggaran lancar sehingga lebih banyak lagi UMKM bisa kita bawa ke luar negeri,” pangkasnya.(otg)