September 27, 2017 11:43 pm
Breaking News
Home / Budaya / Balkesmas Kampanyekan Budaya Hidup Sehat
Balkesmas Kampanyekan Budaya Hidup Sehat

Balkesmas Kampanyekan Budaya Hidup Sehat

APS18.com,- Kesehatan adalah komponen penting dalam hidup. Tanpa adanya rasa sehat, segala aktivitas manusia akan terganggu. Bahkan bagi orang sakit, harta benda bisa tak ada artinya, karena yang dibutuhkan hanyalah kesehatan.

Mengingat sangat pentingnya kesehatan itulah, Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Pati berusaha keras untuk terus mengkampanyekan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Pasalnya, munculnya rasa sakit dan adanya kesehatan adalah bergantung pada perilaku manusia sendiri.

“Sebenarnya, kesehatan itu memang pilihan. Tergantung apakah orang itu memilih sehat atau memilih sakit. Kalau memilih hidup sehat, tentu yang harus dilakukan adalah membudayakan hidup sehat. Semantara kalau inginnya sakit, segala hal yang menyebabkan penyakit, pasti tidak dihiraukan,” tutur  Kepala Balkesmas Pati, Desie Frinandini Afief usai melakukan sosialisasi Germas di halaman Balkesmas Pati, Sabtu (13/05) lalu.

Lebih lanjut, kampanye germas ini sesuai  dengan Intruksi presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Tujuannya agar masyarakat tidak mudah terkena penyakit sehingga tercipta masyatakat yang sehat.

“Dengan tema Budaya Gerakan Hidup Sehat, tentu saja kami mengajak semua masyarakat untuk melakukan hal terseut. Bahwa kesehatan adalah anugerah yang tidak bisa didapatkan oleh semua orang. Untuk itu, kita wajib menjaganya,” tambah Desie.

Disamping itu, kampanye germas ini juga untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang perlaku hidup bersih dan sehat. Sekaligus sebagai upaya promotif dan prefentif untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

“Orang baru tahu betapa berharganya sehat adalah ketika orang tersebut pernah merasakan sakit. Makanya, kami mengajak kepada masyarakat agar membudayakan hidup sehat tersebut,” terangnya. (spm)