Desember 15, 2017 3:23 pm
Breaking News
Home / Ekonomi / UKM Dilatih Google agar Bisa Masuk E-Commerce
UKM Dilatih Google agar Bisa Masuk E-Commerce

UKM Dilatih Google agar Bisa Masuk E-Commerce

APS18.com- Google secara resmi mengumumkan dimulainya Gapura Digital di 10 kota di Indonesia. Gapura Digital merupakan sebuah program training gratis yang ditujukan bagi para pemilik usaha kecil dan menengah (UKM) yang ada di Indonesia.

Head of SMB Marketing Google Indonesia Fida Hayder mengatakan, kelas pertama akan diadakan pada Mei di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Setelah itu, kelas-kelas selanjutnya akan diadakan di Semarang, Malang, Yogyakarta, Denpasar, Makasar, dan Medan.

“Adapun 10 kota tersebut kita sudah mulai pertama di Jakarta, lalu minggu kemarin di Bandung minggu depan kita akan ke Surabaya. Lalu kota-kota lainnya menyusul seperti Medan, Pontianak, Jogja, Semarang, Malang, Denpasar, Makasar,” ujarnya di Galeri Artpreneur Ciputra, Jakarta, Senin (15/5).

Fida melanjutkan, dipilihnya sepuluh kota tersebut dilihat dari jumlah UKM terbanyak di masing-masing daerah tersebut. Di samping itu, ada juga pemilihan berdasarkan komunitas Google yang ada di daerah-daerah tersebut.

“Google itu ada komunitasnya juga yang tergabung dalam bisnisku. Untuk yang di Jakarta itu kita ada Ke Kini di Cikini, di Bandung ada Eduplec dan Surabaya ada Sue Co,” kata Fida

Nantinya program Gapura Digital ini akan diselenggarakan setiap minggu sekali. Setiap minggunya 10 kota tersebut akan bergiliran untuk mendapatkan pelatihan tersebut. “Tujuannya tentu untuk membantu para pelaku UMKM untuk go digital karena lebih cepat berkembangnya dari pada mereka yang online,” tutur Fida.

Dia melanjutkan, dalam mewujudkan go digital bagi UKM ada tiga tahapan yang harus dilakukan UKM. Dengan demikian, mereka bukan hanya bisa berjualan di pasar lokal tapi juga ke pasar Internasional.

“Tahapannya ada tiga, yang pertama itu Menggunakan internet untuk ditemukan, menggunakan teknologi untuk meningkatkan produktivitas mereka terakhir menggunakan data untuk mencari sumber-sumber yang lain,” ujarnya.

Sementara dari sisi user, lanjut Vero, orang indonesia banyak yang menggunakan smartphone untuk melakukan pencarian bisnis. “Berbicara bisnis yang paling penting itu lokasi yang juga deket, bisnis-bisnis yang fisik terutama. Banyak orang melakukan pencarian. 30% pencarian di handphone adalah pencarian lokasi,” kata Vero

Sebagai informasi, pelatihan ini diberikan secara gratis dan siapa pun dapat mendaftar di g.cglgapuradigital. Melalui pelatihan tersebut, nantinya para peserta akan mempelajari beragam infomasi untuk memanfaatkan internet dalam memasarkan bisnis mereka, dengan materi-materi seperti, petunjuk untuk memasarkan bisnis di Youtube, tips terkait SEO dan SEM, serta petunjuk untuk menggunakan produk-produk dari Google.(otg)