Januari 20, 2018 5:55 am
Breaking News
Home / Teknologi / Ponsel Masa Depan Bisa Tampilkan Hologram
Ponsel Masa Depan Bisa Tampilkan Hologram

Ponsel Masa Depan Bisa Tampilkan Hologram

APS18.com- Sekelompok peneliti di RMIT University di Melboune, Australia, telah mengembangkan sesuatu yang mereka klaim sebagai hologram tertipis di dunia. Jika mereka berhasil memecahkan tantangan rekayasa dan manufaktur untuk mengubah prototip menjadi komponen hardware yang sebenarnya, maka hologram konsumen berada di depan mata.

Hologram, yang berbasis laser khususnya bergantung pada fase cahaya yaitu jarak cahaya yang harus ditempuh untuk menciptakan objek 3D pada pesawat 2D. Dengan kata lain, Anda memerlukan jarak agak jauh agar cahaya bisa bergerak dan hologram bisa bekerja.

Tentu, hal ini tak mungkin bagi smartphone yang sangat tipis atau jenis layar holografik lainnya. Display holografik memerlukan kertas tipis atau lebih agar sesuai dengan ruang yang padat. Perangkat peneliti RMIT sendiri tipisnya 60 nanometer atau seribu kali lebih tipis dari rambut manusia, seperti dikutip Slash Gear, Senin (22/5).

Tim ini mampu mengembangkan semacam hologram itu dengan menggunakan topological insulator, material yang berfungsi seperti konduktor di dekat permukaannya tapi juga isolator di dalamnya. Perbedaan dalam indeks bias antara kedua bagian material ini menciptakan rongga optik di mana cahaya dapat terpental di dalam film tipis seolah-olah memiliki area yang lebih luas seperti pada hologram tradisional.

Terlepas dari itu, para peniliti masih mencari cara untuk mengubahnya menjadi bentuk yang lebih kaku yang bisa dimasukkan ke dalam smartphone misalnya. Jika mereka berhasil melakukannya, kehabisan ruang layar pada ponsel tak akan menjadi masalah lagi karena Anda bisa menggunakan hologram untuk memproyeksikan gambar dan kontrol di atas dan di luar layar.(fya)