Desember 15, 2017 3:24 pm
Breaking News
Home / Ekonomi / Budidaya Itik di Karangwage Sumber Ekonomi Warga
Budidaya Itik di Karangwage Sumber Ekonomi Warga

Budidaya Itik di Karangwage Sumber Ekonomi Warga

APS18.com,- Itik sudah menjadi salah satu ikon tersendiri untuk Trangkil, khususnya Karangwage. Tahun ini salah satu kelompok ternak di Karangwage akan maju mengikuti lomba tingkat nasional. Dari tingkat lokal hingga nasional membuat nama kelompok ternak Mukti Waluyo mulai dikenal.

Diharapkan kehadirannya di ajang lomba peternakan kali ini bisa memacu peternak lain. Diharapkan peternak bisa lebih inovatif, variatif, dan sesuai standar prosedur budidaya. Sutrisno selaku ketua kelompok ternak, mengaku jika untuk membudidayakan itik harus telaten.

“Perlu kesabaran dan mampu menghadapi tantangan dan permasalahan unggas jenis satu ini,” ucapnya kemarin.

Ia mengaku jika warga Desa Karangwage mayoritas menjadi petani dan peternak. Lewat peternakan itik ini, perekonomian warga mulai terangkat.

“Sudah ada sekitar 18 orang anggota yang aktif dan sudah memiliki kemampuan manajemen mumpuni dibidang peritikan,” ucapnya.

Hingga saat ini sudah ada 11.000 ekor itik. Untuk beternak itik perlu memperhatikan kebersihan kandang. Kebersihan kandang akan berpengaruh terhadap kesehatan tenaknya. “Perlu menjaga kebersihan kandang juga pemberian pakan yang cukup,” ucapnya.

Pemberian vaksin juga diperlukan agar itik tak gampang sakit. Dimusim hujan itik rawan penyakit. Namun dengan perawatan yang baik, itik lebih tahan terhadap penyakit. “Jika masuk kandang kita juga harus perhatikan kebersihan peternaknya. Harus cuci tangan dan jaga kebersihan diri,” ujarnya.

Asnawi salah satu anggota mengaku jika ia memilih beternak itik karena kondisi yang cocok untuk pertumbuhan itik. Setiap harinya ia mampu mendapat 100-120 butir dari 200 ekor miliknya. “Suka dukanya saat pakan naik sedangkan harga telur turun, jadi pengeluaran membengkak” ujarnya.(SPM)