Oktober 22, 2017 3:07 pm
Breaking News
Home / Budaya / Berpuasa Seperti Mengendalikan Bola Api……
Berpuasa Seperti Mengendalikan Bola Api……

Berpuasa Seperti Mengendalikan Bola Api……

APS18.com,- Panas dan sakit mungkin itu kata pertama kali yang terucap saat kita terkena api. Namun lain halnya dengan para pemain sepakbola api ini, mereka justru besemangat dan tetap menggiring bola meski bola yang terbuat dari kelapa tua ini berkobar menyala saat dimainkan. Sebelum sepakbola api dimulai, diawali dengan atraksi semburan api oleh pemain. bola yang terbuat dari kelapa tua yang direndam minyak tanah selama satu hari ini menjadi alat utama dalam permainan sepakbola api. Permainan inilah yang dilakukan mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan.

Salah satu pemain sepakbola api, Afif, menjelaskan, untuk memainkan sepak bola api ini sebelumnya mereka hanya melakukan doa saja untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sistem permainannya hampir sama dengan sepakbola biasa, namun untuk lapangan dan gawangnya lebih kecil dan setiap tim terdiri atas lima orang pemain, yang dimainkan selama sepuluh menit.”kami bermain sepuluh menit tiap babak dan hanya dimainkan oleh lima orang saja, peraturan sama saja dengan sepak bola biasa,” jelas Afif

Sementara Ahmad Soim, rekan Afif menjelaskan, bahwa permainan bola api ini juga melambangkan perlawanan hati manusia untuk melawan hawa nafsu saat melaksanakan ibadah puasa nanti. “Ini sebagai symbol perlawanan manusia untuk melawan hawa nafsu saat berpuasa,” ujar Ahmad.

Permainan sepakbola api ini sendiri sudah menjadi tradisi yang dilakukan tiap tahun menjelang datangnya bulan suci Ramadan. Meskipun bola terbalut api panas, para peserta yang memainkannya tidak merasa kesakitan atau terluka. Api diartikan sebagai setan dan godaan yang dapat dikendalikan oleh manusia khususnya meredam hawa nafsu selama bulan suci Ramadan.(bjn)