Januari 20, 2018 5:52 am
Breaking News
Home / Kesehatan / Bahaya Minum Kopi Di Bulan Ramadhan
Bahaya Minum Kopi Di Bulan Ramadhan

Bahaya Minum Kopi Di Bulan Ramadhan

APS18.COM-Buat kalian yang suka dengan minuman kopi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.  Kita sudah tahu, kalau ngopi sagat nikmat buat disrutup dipagi hari maupun  malam hari. Namun ketika bulan Ramadhan nampaknya penggila kopi harus mulai memperhatikan bahaya ngopi saat puasa.

Apa saja bahayanya?. Yang pasti bahaya utamanya adalah batal puasa jika diminum pagi hari atau siang bolong. Ooops bukan itu guys, efek yang ditimbulkan berbagai macam kalau diminumnya tidak memperhatikan beberapa aspek. Ayo kita simak saja ulasan berikut.

  1. Kopi tidak baik diminum pada saat Buka Puasa.

     Ngopi dan ngeteh sebenarnya tidak dianjurkan karena kadar kafein didalamnya, kedua minuman favorit ini bisa mempertinggi tingkat pengeluaran kemih dan menambah rasa haus.

Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc juga bilang kalau kafein akan memancing pengeluaran urin lebih banyak dibandingkan air putih.

  1. Perlu ada batasan berapa gelas kopi.

Bukan berarti dengan masuknya bulan puasa kalian jadi nggak boleh minum kopi sama sekali. Boleh saja, siapa yang ngelarang, tapi alangkah baiknya kalau jumlah ngopinya dibatasi.

Batas kafein yang aman buat diminum sekitar 300 miligram per hari saja guys. Kalau secangkir kopi rata-rata punya kandungan kafein 100 mg, so cukup satu, dua dan maksimal 3 gelas, kalau bisa joinan aja sama sahabat or sodara biar tetep akrab dan mengurangi resiko terlalu banyak kafein.

  1. Perhatikan waktu ngopi

Takaran kopi sudah kalian tahu, sekarang saatnya menentukan kapan waktu yang baik buat ngopi di bulan Ramadhan.

Disarankan lebih dari dua jam setelah berbuka, terkait soal kesehatan yang saya tulis diawal. Cocoknya ya pas habis sholat tarawih, nikmat banget kan guys, admin juga gitu, nih sambil nulis post disamping juga ada secangkir kopi.

Saya yakin penggila kopi yang baca ini tidak begitu ngaruh soal ‘kopi menyebabkan susah tidur’, bagi saya sendiri ‘kopi is not ngaruh maneh’, kalau udah ngantuk, ya ngatuk aja, bahkan saya sebelum tidur juga ngopi dulu. Jadi kapan kalian pengen ngopi, ya udah ngopi aja di waktu habis sholat taraweh sampai jam 12 malem.

Sumber: ayomaju.info