Desember 15, 2017 3:21 pm
Breaking News
Home / Politik & Pemerintahan / Angka Pernikahan Dini di Gorontalo Masih Tinggi
Angka Pernikahan Dini di Gorontalo Masih Tinggi

Angka Pernikahan Dini di Gorontalo Masih Tinggi

APS18.COM-Angka pernikahan usia dini di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo tercatat sebanyak 597 pada tahun 2016 lalu. Angka ini cukup tinggi untuk menjadi perhatian pemerintah setempat.

Kepala Seksi Advokasi, Penggerakan Penyuluhan, Pendayagunaan PLKB dan KB, di Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPKBP dan PA), Cicilia Lihawa mengatakan, pernikahan dini bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

“Dalam pernikan dini, ada beberapa dampak yang mereka temui, seperti kanker leher rahim, neoritis depresi dan konflik yang berujung pada perceraian,” katanya, Rabu (7/6/2017).

Untuk itu lewat gerakan guru peduli kesehatan reproduksi, pihaknya menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan demi menjalankan program tersebut. Dinas PPKBP dan PA juga tengah melakukan sosialisasi kesehatan reproduksi di kalangan guru yang berlangsung di Kecamatan Kabila.

“Pernikahan dini disebabkan beberapa faktor, salah satunya rendahnya pemahaman remaja tentang masalah kesehatan reproduksi. Informasi kesehatan itu juga kurang beredar di masyarakat, semisal di pendidikan formal,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, program yang menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat untuk meningkatkan pemahaman kepada para guru terkait kesehatan reproduksi.

Terutama kepada guru yang memegang mata pelajaran Biologi. Mereka nantinya akan diberi pengetahuan tentang seksualitas remaja, sehingga dapat memberi pemahaman kepada pelajar.

“Di awal program, kami menargetkan sosialisasi di lima kecamatan. Mulai dari SMP Negeri 1 dan 2 Kabila, SMP Negeri 1 Tilongkabila, Suwawa, Bulango Timur dan Bulango Utara,” tutupnya.(put)

Sumber: Okezone.com