Oktober 22, 2017 3:15 pm
Breaking News
Home / Ekonomi / Pemkab Kudus Gelar Pasar Murah di Sembilan Kecamatan
Pemkab Kudus Gelar Pasar Murah di Sembilan Kecamatan

Pemkab Kudus Gelar Pasar Murah di Sembilan Kecamatan

APS18.COM-Pemerintah Kabupaten Kudus mengadakan Pasar Murah Ramadhan di sembilan kecamatan. Penyelenggaraan ini bertujuan menjaga stabilitas harga bahan pokok pada Ramadhan dan menjelang Lebaran.

Bupati Kudus Musthofa mengaku sangat mengapresiasi kegiatan pasar murah itu. “Ini karena bisa menekan harga bahan pokok di pasaran yang semakin melambung jelang Lebaran,” kata pria yang biasa disapa Kang Mus saat membuka pasar murah di Kecamatan Dawe, Senin (12/6).

Menurut Musthofa, kegiatan pasar ini memang sudah menjadi hal yang rutin dilakukannya setiap setahun sekali. Sebab, kegiatan ini dianggap memiliki dampak positif terhadap perekonomian masyarakat. Hal ini setidaknya dapat menekan angka inflasi yang ada di Kudus.

“Kegiatan pasar murah diselenggarakan agar warga bisa membeli kebutuhan pokok di bawah harga pasar. Selain itu juga untuk menjamin ketersedian stok pangan menjelang Lebaran,” ungkap Musthofa.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kudus Sudiharti, menjelaskan, permintaan kebutuhan pokok di Ramadhan dan menjelang Lebaran memang semakin meningkat. Menurut dia, situasi itu jelas berdampak pada melambungnya harga di pasar.

”Pasar Murah Ramadhan ini diselenggarakan di sembilan kecamatan selama tiga hari, yaitu mulai Senin-Rabu,” ujar dia.

Dijelaskannya, untuk hari pertama pelaksanaan pasar murah sesuai jadwal dilaksanakan di tiga kecamatan yaitu Dawe, Gebog, dan Kaliwungu. Selanjutnya, esok (red, hari ini) dilanjutkan di kecamatan Bae, Kota dan Jati.

“Sementara kecamatan Mejobo, Jekulo dan Undaan mendapatkan jadwal di akhir,” kata Sudiharti.

Dalam pasar murah yang digelar di kecamatan Dawe, pihak panitia menyediakan sebanyak 7 ton dengan harga Rp 7.000 perkilo dari harga pasar Rp 10.000 per kilo. Untuk minyak goreng kemasan dijual dengan harga Rp 11.000 dari harga pasar Rp 13.40 dan gula pasir dijual dengan harga Rp 10.000 per kilo dari harga pasar Rp 12.500. Tidak hanya itu panitia juga menjual daging beku (kerbau) dengan harga Rp 75.000. (AL)