Februari 20, 2018 6:06 pm
Breaking News
Home / Ragam / Tradisi Ziarah di Bulan Penuh Berkah
Tradisi Ziarah di Bulan Penuh Berkah

Tradisi Ziarah di Bulan Penuh Berkah

APS18.COM- Ditengah-tengah pelaksanaan puasa,  suasana Makam Sunan Kudus tidak begitu ramai pada saat itu. Akan tetapi, para peziarah  berdatangan silih berganti  baik dari  Kudus maupun luar kota.

Tidak hanya makam Sunan Kudus yang mereka kunjungi, akan  tetapi jejak dakwah Sunan yang ada di Pulau Jawa pun turut dikunjungi. Biasanya mereka melakukan tradisi  ziarah pada bulan Sura (Muharram), Maulud (Rabiul Awal) dan Rajab.

Seperti yang diungkapkan Lutfia (Mahasiswa Stain Kudus, Jurusan Ekonomi Syariah semester 4), warga dari Pati Jawa Tengah ini kepada Aps18.com yang ditemui disela-sela berziarah bersama teman kuliahnya Selasa (13/06) siang.

“Di sela libur kuliah,  bersama teman saya menyempatkan waktu untuk berziarah, yang biasanya saya lakukan tak lain dan tak bukan yaitu Membaca Yasin, Tahlil dan berdoa, intinya lebih mendekatkan diri kepada Allah dan hanya meminta doa kepada Allah melalui Wasilah/perantara dari Mbah Sunan Kudus semoga semuanya dilancarkan, dan diberikan kemudahan setiap langkah kami”, tuturnya.

“Ziarah kubur adalah sesuatu yang juga dianjurkan Rasulullah. Tujuannya bukan untuk meminta sesuatu kepada ahli kubur melainkan untuk mendoakan mereka, dan sebagai wujud terima kasih atas perjuangan mereka yang telah menyiarkan Islam di tanah Jawa ,dan mengingatkan  bahwa kita juga akan mati”, pungkasnya. (AM)