Desember 15, 2017 3:25 pm
Breaking News
Home / Budaya / AIU, Budaya Ngabuburit Karang Taruna Jurang
AIU, Budaya Ngabuburit Karang Taruna Jurang

AIU, Budaya Ngabuburit Karang Taruna Jurang

APS18.COM-Organisasi kemasyarakatan Karang Taruna Gelora Mardika desa Jurang Kecamatan Gebog Kabupaten Kudus menyelenggarakan acara Ngabuburit Bareng  di balai Desa, Senin sore 19/6.

Acara ini bertemakan ‘’A.I.U. Budaya ngenteni buka’’  yang memiliki arti Aku Iki Urip atau arti menurut  Syeh Siti Jenar yaitu setiap manusia itu hidup.

Dalam kegiatan tersebut, tidak hanya sekedar ngabuburit, akan tetapi juga diberikan rangkaian acara yang menarik bagi para penonton. Diantaranya,  Dialog Budaya, Live Acoustic, Pantomim dan pembacaan puisi serta penampilan sinden dari Komunitas Seni Kampus UMK.

 Acara ini pun semakin meriah dengan dihadirinya para seniman dan budayawan yang ada di kudus. Salah satu diantaranya ialah Komunitas DARBUKA kudus, Teater Gerak  11, Teather Tigakoma, Teater Sembilan, Teater Obeng, Teater Coin dan tak ketinggalan juga Teater Aura, Sekam UMK, swatantu, dan kanzu.

“Budaya di desa jurang sebelumya belum ada acara budaya seperti ini. Dan kami berinisiatif untuk mengumpulkan komunitas budaya se kudus untuk menghadiri acara ini dengan tujuan untuk menghidupkan berbagai macam budaya, terlebih di desa Jurang ini,’’ tutur Kepala Karang Taruna Gelora Mardika desa Jurang, Wahyul Huda

Selain itu dengan di adakannya acara kebudayaan ini, Karang Taruna desa Jurang pun memiliki tujuan  ingin memperkenalkan segala potensi desa kepada masyarakat Kudus. (NY)