Desember 15, 2017 3:20 pm
Breaking News
Home / Politik & Pemerintahan / Whatsapp Jadi Pelayanan Efektif Tanpa Antri Lama
Whatsapp Jadi Pelayanan Efektif Tanpa Antri Lama

Whatsapp Jadi Pelayanan Efektif Tanpa Antri Lama

APS18.COM-Kemajuan teknologi yang berkembang semakin pesat menjadikan kebutuhan manusia semakin mudah  dan cepat. Hampir tiap menit, tiap jam bermunculan produk produk baru yang terdapat dalam perangkat (mobile) smartphone. Salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah Black Berry Massenger (BBM), Whatsapp, Line dan lain sebagainya.

Aplikasi yang digemari saat ini oleh semua kalangan, baik perorangan atau komunitas adalah aplikasi Whatsapp. Dengan menggunakan whatsapp banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan.

Fasilitas yang disediakan oleh Whatsapp dimanfaatkan Dinas Dukcapil Kabupaten Kudus untuk memudahkan pelayanan administrasi kependudukan.

Kepala Dinas Dukcapil Kudus, Hendro Martoyo, melalui sekdin Putut Winarno mengatakan, Aplikasi yang sekarang ini familiar di kalangan masyarakat, ternyata bisa dimanfaatkan dalam memperlancar kinerja pemerintahan. Terutama dibidang Administrasi kepedudukan.

‘’Beberapa waktu yang lalu, kami menggunakan whatsapp untuk melayani warga dengan cara membuat group Whatsapp antara petugas Dinas Dukcapil, Camat dan seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Kudus. Tujuannya membantu kepala desa dalam mempercepat pelayanan bagi warga di desanya,’’tutur pria berprawakan tinggi disela sela kesibukannya.

Dikatakannya, teknis dalam pelayanan ini cukup mengirimkan persyaratan yang sudah dipersiapkan oleh pemohon. ‘’Kemudian kepala desa  bisa mengirimkan foto persyaratan ke grup tersebut. Nanti akan diproses Admin dalam waktu kurang lebih lima belas menit untuk diproses menjadi produk dokument yang diinginkan.  Setelah itu hasilnya diposting ke group whatsapp sebagai bukti dokument  sudah jadi dan bisa diambil pemohon di Disdukcapil tanpa mengantri,’’ujarnya.

Putut menambahkan, sebenarnya  banyak aplikasi pada system android yang digunakan, semisal Instagram, Twitter, fandspage, Facebook bahkan Website. Akan tetapi yang digunakan untuk melayani pembuatan dokumen Adminduk ialah Whatsapp.

Selain itu, Dinas Dukcapil Kudus baru mengembangkan aplikasi pelayanan online berbasis Android. ‘’Mudah mudahan dalam waktu dekat ini, segera dapat di download oleh semua warga melalui Playstore dengan nama aplikasi Dukcapil Kudus,’’pungkasnya. (AM)