Oktober 22, 2017 3:19 pm
Breaking News
Home / Politik & Pemerintahan / Setelah Libur Lebaran, Layanan Dukcapil Membludak
Setelah Libur Lebaran, Layanan Dukcapil Membludak

Setelah Libur Lebaran, Layanan Dukcapil Membludak

APS18.COM-Setelah libur lebaran Hari Raya Idul Fitri, Dinas Kependudukan dan pencatatan Sipil Kabupaten Kudus (Dukcapil) kebanjiran permohonan layanan Administrasi kependudukan, Senin 3/7. Sebagian besar dari mereka meminta Surat Keterangan sebagai pengganti E-KTP yang sifatnya sementara.

Berdasarkan pantauan APS18.COM, Kantor Dukcapil yang berada  di depan SMP 1 Kudus ini sejak Senin kemarin, masih terlihat ratusan pemohon yang mengantri. Bahkan antrian membludak hingga halaman depan Kantor Dukcapil Kabupaten Kudus.

Kepala Dinas Dukcapil Kudus Hendro Martoyo melalui Sekdin Putut Winarno mengatakan sampai saat ini telah banyak ribuan pemohon Suket (Surat Keterangan) pengganti E-KTP yang telah diberikan kepada masyarakat.

‘’Berdasarkan data yang kami rangkum, ada 40.628 Suket (Surat Keterangan) yang telah dicetak. Jumlah segitu banyaknya diprediksi meningkat tiga kali lipat pemohon, mengingat banyaknya jumlah perekaman pemula yang ada di Kabupaten Kudus,’’tutur Pria yang akrab disapa Win oleh kerabat kerjanya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, sampai saat ini pihak Dinas Dukcapil Kabupaten Kudus masih menunggu stok blangko dari Pusat Kementrian Dalam Negeri. ‘’Karena jumlah stok blangko yang kemarin telah mencapai 8000 keping belum mampu menghabiskan 17.000  Suket, maka untuk itu, para pemohon Adminduk diharapkan bersabar sampai adanya stok blangko terbaru dari pusat,’’imbuhnya. (AM)