Januari 20, 2018 5:52 am
Breaking News
Home / Pendidikan / Aplikasi Terbaru, Deteksi Dini Kanker Payudara
Aplikasi Terbaru, Deteksi Dini Kanker Payudara

Aplikasi Terbaru, Deteksi Dini Kanker Payudara

APS18.COM- Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (TI) Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (UMK) meluncurkan sebuah Aplikasi dengan nama ‘’Sadari’’. Aplikasi yang berbasis Android ini berfungsi untuk mendeteksi dini penyakit Kanker Payudara.

Nama Sadari yang mempunyai nama kepanjangan periksa payudara sendiri ini diciptakan oleh Uswatun Hasanah, Maulida Ni’matus Sholikhah, Muhammad Rieza Maulana dan Deni Kusuma Wijaya.

“Hingga kini, kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi perempuan. Untuk itu perlu adanya alat yang dapat melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara. Sehingga bisa secepatnya diatasi jika ada gejala,” ujar Uswatun Hasanah, Kamis (6/7).

Awal mula pembuatan aplikasi ini berawal saat salah satu anggota keluarganya mengidap penyakit ini. Namun, kanker payudara itu baru diketahui setelah stadium dua.

“Saya pikir perlu ada yang dapat membantu untuk mendeteksi lebih dini terhadap penyakit ini,” papar dia.

Sejak saat itu, dia kemudian mengutarakan ketiga rekannya. Sebelum akhirnya dilakukan proses penciptaan.”Kami diskusi, konsultasi, dan uji coba,” ungkapnya.

Harapannya, aplikasi ini bisa berkontribusi positif bagi masyarakat dalam memberikan pemahaman mengenai kanker payudara. (AM)