September 28, 2017 6:29 am
Breaking News
Home / Politik & Pemerintahan / Maraknya layanan SKCK di KUDUS
Maraknya layanan SKCK di KUDUS

Maraknya layanan SKCK di KUDUS

APS18.COM-Layanan perpanjangan SKCK ( Surat Keterangan Catatan dari Kepolisian) di kabupaten Kudus, Jawa Tengah, begitu kurang diminati oleh calon pekerja, menyusul banyaknya masyarakat yang  memilih mengurusi secara yang manual dengan cara datang langsung ke markas Polres Kudus.

Berdasarkan pantauan di markas kudus, sejumlah warga yang mengurus skck terpaksa duduk di selaras karena tidak kebagian tempat duduk. Karena begitu padatnya warga yang mengurus skck. Maunah, salah satu seorang warga, mengaku mendatangi dan mengurus skck biar dapat no antrean awal sejak pukul 06.00 dan antre sampai pukul 13.00 wib belum juga di panggil saat mengurus skck tersebut.

Karena banyaknya pemohonan pembuatan skck, sehingga harus bisa bersabar. Terkait juga dengan layanan pembuatan skck dengan cara during untuk melengkapi berkas  persyaratan untuk mencari pekerjaan. Hadi, warga lain, mengakui sudah mengetahui adanya layanan skck secara daring namun hanya melayani perpanjangan saja. Meskipun demikian, dia mengaku lebih senang datang langsung ke Mapolres Kudus, karena lebih jelas selesainya dan cepat, di bandingkan dengan harus menuggu lewat during.

Kesat intelkam kudus AKP Mulyono mengaku peminat layanan skck secara during memang masih rendah, dibandingkan yang mengurus secara langsung ke markas atau kantor polres kudus.

Pemohonan pembuatan skck maupun  perpanjangan pasca lebaran, memang melonjak dibandingkan hari-hari biasa. Pada kondisi normal, pemohonan pembuatan skck. Pada kondisi normal, pemohonan pembuatan skck  berkisar 100-120 pemohon, sedangkan pasca lebaran meningkat menjadi 230-an pemohonan.

Banyaknya mayoritas pemohonannya,  lulusan SMA,MA,SMK yang hendak mencari pekerjaan. Adanya layanan skck secara during, harapannya memberikan kemudahan kepada masyarakat yang hendak melakukan perpanjangan skck tanpa harus datang di markas atau kantor polres kudus karena lebih simple, praktis, cepat dan hemat waktu.

Adapun proses pengajuannya, pemohon diharapkan bisa mengisi identitas dari wabsite skck.jateng.polri.id

Langkah selanjutnya, kode registrasi dari pengisian identitas diri tersebut dicetak karena nantinya harus diserahkan kekantor polres kudus sebagai syarat pencetakan skck.

Persyaratan tambahan yang harus dibawa saat pencetakan skck di kantor polres kudus, yakni skck lama yang asli dan fotokopi, satu lembar fotokopi kartu keluarga, satu lembar fotokopi KTP dan foto ukuran 4X6 sebanyak 4 lembar.

Hal demikian, tentu lebih mudah dibandingkan ketika harus diperpanjang secara yang manual, karena harus menunggu lebih lama khususnya untuk input data pemohon.

Perpanjangan secara daring juga bisa dilakukan kapan saja tanpa terikat waktu jam kerja, sedangkan pencetakan skck tetap mengikuti ketentuan jam kerja dikantor polres kudus. Layanan perpanjangan skck secara during hanya bisa dilayani untuk skck yang belum habis masa berlakunya. (AM)