Januari 20, 2018 6:02 am
Breaking News
Home / Pendidikan / Madrasah Qudsiyyah Kembangkan Kelas Tsanawiyyah Perempuan
Madrasah Qudsiyyah Kembangkan Kelas Tsanawiyyah Perempuan

Madrasah Qudsiyyah Kembangkan Kelas Tsanawiyyah Perempuan

APS18.COM-Tidak cukup hanya mengajar santri laki-laki di madrasah tertua yang ada di Kabupaten Kudus. Yayasan Pendidikan Islam Qudsiyyah ini juga mengembangkan kelas madrasah tsanawiyah perempuan untuk mencetak generasi perempuan yang memiliki kemampuan setara dengan kaum laki-laki di bidang ilmu tafsir Alquran.

“Selama ini, Yayasan Pendidikan Qudsiyyah hanya mengajar santri laki-laki. Karena masyarakat juga menginginkan putrinya mendapatkan bekal ilmu pengetahuan yang sama di bidang tafsir Alquran, maka kami mencoba membuka pendaftaran kelas perempuan dan diwajibkan tinggal di pondok pesantren,” kata Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Qudsiyyah M. Ihsan disela-sela kesibukannya di ruang kerjanya beberapa hari yang lalu.

Ia mengatakan, semua siswinya harus diasramakan secara penuh, sehingga menjadi model baru untuk Kabupaten Kudus karena sekolah lainnya belum ada yang mondok sepenuhnya. Setidaknya, kata dia, akan muncul generasi putri yang soleh, salafiyah serta mandiri.

Nantinya, lanjut dia, gagasan membuka santri putri, katanya, sudah sejak tahun 1980-an, namun baru terealisasi tahun 2017. Untuk saat ini, lanjut dia, jumlah ruang kelas maupun ruang untuk mondok telah tersedia.

“Tenaga pengajar khusus Alquran juga sudah ada, termasuk ilmu keagamaan lainnya juga tersedia,” ujarnya.

Ia mengatakan, semua tenaga pengajarnya nanti merupakan perempuan. Sementara jumlah pendaftarnya, kata dia, saat ini berjumlah 81 pendaftar. (am)