Januari 20, 2018 5:54 am
Breaking News
Home / Pendidikan / Panitia PBAK STAIN Kudus, Siap Sambut Ribuan Mahasiswa Baru
Panitia PBAK STAIN Kudus, Siap Sambut Ribuan Mahasiswa Baru

Panitia PBAK STAIN Kudus, Siap Sambut Ribuan Mahasiswa Baru

APS18.COM-Kurang 2 hari, Pendaftaran PBAK (Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan) Stain Kudus akan dibuka. Berbagai persiapan telah dijalankan oleh beberapa panitia dari perwakilan masing masing HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) dan Organisasi Kampus yang lainnya. Salah satunya ialah Rapat Koordinasi antara SC (Steering Comite ) dan OC (Organizing Comite) di gedung PKM, Jumat pagi tadi, 04/08.

‘’Acara ini membahas hal-hal penting terkaitan persiapan kegiatan PBAK yang rencananya akan diagendakan tanggal 14 – 17 Agustus 2017 mendatang,’’tutur Ahmad Dzulfikar, Ketua SC PBAK Stain Kudus 2017.

Dikatakannya dalam pelaksanaan PBAK kali ini ada beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan bagi semua panitia. Termasuk kode etik peraturan yang akan diberikan kepada para mahasiswa baru.

 ‘’Karena tahun-tahun sebelumnya kita masih menggunakan istilah Orientasi Pengenalan Akademik dan Kemahasiswaan (OPAK) tetapi tahun ini kita mengikuti aturan yang telah ditertibkan oleh Diktis Kementerian Agama RI, tentunya banyak hal serta aturan yang berbeda yang perlu diterapkan dalam pelaksanaan kegiatan ini” imbuh Mahasiswa jurusan Ekonomi Syariah semester 7 itu.

Ditemui terpisah, Syamsudin Ketua OC PBAK Stain Kudus 2017 mengatakan target pada pelaksanaan acara yang akan berlangsung selama 4 hari tersebut lebih difahamkan dalam budaya akademik kampus dan peran mahasiswa dalam pergerakan nasional.

‘’Sesuai dengan tema yang kita usung, ‘’Mengawal Tradisi Menjaga NKRI Sebagai Basis Gerakan Akademik dan Kemahasiswaan’’. Maka dari itu disinilah peran mahasiswa sangat penting untuk menguatkan gerakan Nasionalisme dan menangkal aliran sesat  yang ingin menghancurkan keutuhan NKRI,’’ujar Mahasiswa jurusan Ushuludin yang kerap disapa Kak Syam itu.

Menurut Syam, kegiatan PBAK ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang sudah keterima di Stain Kudus. ‘’Karena setelah mengikuti acara tersebut, seluruh mahasiswa baru akan mendapatkan sertifikat PBAK yang akan berfungsi sebagai salah satu persyaratan ujian Munaqosah (Skripsi). Jika tanpa sertifikat PBAK maka akan mustahil melakukan ujian Munaqosah dengan lancar seratus persen,’’imbuhnya. (AM)