Oktober 22, 2017 3:18 pm
Breaking News
Home / Ekonomi / Investasi Migas di Indonesia Masih Menguntungkan
Investasi Migas di Indonesia Masih Menguntungkan

Investasi Migas di Indonesia Masih Menguntungkan

APS18.COM-Stagnan dan cenderung lemahnya harga minyak dunia ternyata tak buat investasi migas di Indonesia berkurang. Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Minyak dan Gas bumi menilai margin yang didapat dari investasi migas di RI masih cukup besar.

Pengawas Internal SKK Migas, Taslim Yunus mengatakan saat ini rata-rata biaya produksi dari eksplorasi minyak dan gas di Indonesia masih mencapai US$18 per barel. Sedangkan, harga minyak dunia masih ada dikisaran US$48 per barel.

Cost produksi baik on shore maupun off shore saat ini rata-rata US$18 per barel, sementara harga masih dikisaran US$48 per barel maka sebenarnya ada margin bagi perusahaan,” jelas Taslim, di Cepu, Jawa Tengah, Sabtu Malam, 19 Agustus 2017.

Menurut dia, dari seluruh kontraktor kontrak kerja sama (KKKS) biaya produksi dari gas masih menjadi yang paling murah saat ini. Dan KKKS BP Tangguh menjadi yang termurah.

“Mereka produksinya besar, biayanya murah dan harga terjangkau. Jadi bisa dikatakan menjadi yang paling efisien saat ini,” jelasnya.

Sementara itu, untuk KKKS minyak yang sangat efisien saat ini masih dipegang oleh ExxonMobil dibandingkan sejumlah KKKS lain yang beroperasi di Indonesia.
Sumber : http://www.viva.co.id