Januari 20, 2018 6:13 am
Breaking News
Home / Politik & Pemerintahan / Petugas Disdukcapil Ini Tak Akan Lelah Jawab Pertanyaan Anda
Petugas Disdukcapil Ini Tak Akan Lelah Jawab Pertanyaan Anda

Petugas Disdukcapil Ini Tak Akan Lelah Jawab Pertanyaan Anda

KUDUS, APS18.COM-Pelayanan yang maksimal dan sepenuh hati, menjadi hal yang ditekankan jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kudus. Sederet bentuk pelayanan sudah disiapkan untuk mewujudkan hal itu.

Petugas yang melayani warga yang hendak mengurus dokumen administrasi kependudukan (adminduk) sendiri, memang selalu ditekankan untuk melayani sepenuh hati. Mereka akan menjawab apapun pertanyaan Anda, yang berhubungan dengan permohonan yang ada.

Di loket pelayanan yang ada di kantor dinas sendiri, disediakan kotak saran atau pun kritik terhadap pelayanan yang ada. ”Kita kan sediakan itu kota. Dan kita baca apakah kemudian memang ada saran atau kritik atau yang lainnya, yang ditujukan ke kita. Tapi, kadang-kadang lucu-lucu juga membaca apa yang ditulis warga,” kata Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo melalui Sekretaris Dinas Putut Winarno.

Warga memang menuliskan apa yang ingin disampaikannya, pada kertas yang sudah disediakan dinas. Yang lucu adalah ketika ada komentar mengenai petugas yang melayani mereka dalam pengurusan adminduk.

”Kadang-kadang ada yang nulis begini ”saya senang datang ke sini, karena dilayani oleh mas yang ganteng dan mbak yang cantik”, atau ”pelayanannya memuaskan karena petugasnya ganteng-ganteng dan cantik-cantik”. Banyak yang menulis begitu malah,” tuturnya.

Petugas yang ada, memang sudah ditekankan untuk selalu mengedepankan pelayanan sepenuh hati. Mereka juga diminta melayani dengan ramah dan baik, kepada setiap warga yang ada. Apalagi, proses pengurusan adminduk sudah sangat dipermudah.

Kemudahan ini memang sudah diamanatkan dalam undang-undang, peraturan presiden, hingga surat edaran menteri. Hal itu tertuang pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Nomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016, menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Kependudukan. Semua demi melaksanakan Undang-Undang Nomor 23/2006 dan Undang-Undang Nomor 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Bukan hanya petugas yang ada di kantor dinas saja yang kemudian diminta melayani sepenuh hati. Namun kepada petugas yang berkeliling dari satu desa ke desa lainnya untuk melakukan sosialisasi dan perekaman, juga ditekankan hal yang sama.

”Kita ingin suasana berbeda dalam memberikan pelayanan kepada warga yang datang. Sehingga warga merasa senang karena bisa terbantu keperluannya. Mereka juga bisa mendapatkan dokumen kependudukan mereka dengan baik,” imbuhnya. (*)