Januari 20, 2018 5:50 am
Breaking News
Home / Politik & Pemerintahan / Gandeng Dinas Pendidikan untuk Jaring Pelajar Belum Berakta
Gandeng Dinas Pendidikan untuk Jaring Pelajar Belum Berakta

Gandeng Dinas Pendidikan untuk Jaring Pelajar Belum Berakta

KUDUS, APS18.COM-Guna meningkatkan kesadaran pembuatan akta kelahiran, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus melakukan serangkaian upaya.

Salah satunya dengan menggandeng UPT Dinas Pendidikan yang ada di Sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus ini. Upaya ini dilakukan, guna menjaring pelajar atau siswa yang belum memiliki akta kelahiran.

”Ini upaya kami dalam jemput bola bagi warga yang belum berakta kelahiran. Kami bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan di sembilan kecamatan  di Kabupaten Kudus. Kerja sama ini dilaksanakan guna menjaring para pelajar yang belum mempunyai akta kelahiran,” terang Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan Sipil Disdukcapil Kudus Titit Sri Harjanti.

Hasilnya sangat positif. Di mana kesadaran warga mengurus akta kelahiran terbilang tinggi. Terbukti warga yang mempunyai akta kelahiran mencapai 99,8%. Ini merupakan satu hal yang bagus.

Apalagi, pengurusannya juga mudah. Mudahnya proses pembuatan yang ada, memang sudah diamanatkan dalam undang-undang, peraturan presiden, hingga surat edaran menteri. Hal itu tertuang pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Nomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016, menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Kependudukan. Semua demi melaksanakan Undang-Undang Nomor 23/2006 dan Undang-Undang Nomor 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan.

”Makanya, warga yang usianya 0-18 tahun, segera urus akta kelahiran bagi yang belum memilikinya. Karena fungsinya sangat banyak, dan membantu untuk mengurus berbagai keperluan dari warga itu sendiri,” imbuh Titit. (*)