Januari 20, 2018 5:46 am
Breaking News
Home / Politik & Pemerintahan / Mobil Adminduk, Sarana Bantu Warga Urus Dokumen
Mobil Adminduk, Sarana Bantu Warga Urus Dokumen

Mobil Adminduk, Sarana Bantu Warga Urus Dokumen

KUDUS, APS18.COM-Kehadiran mobil administrasi kependudukan (adminduk) milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus, dinilai warga sangat bermanfaat.

Lewat mobil adminduk ini, masyarakat sangat terbantu untuk mengurus dokumen adminduk mereka. ”Kedatangan mobil adminduk ini, untuk melayani warga terkait perekaman KTP elektronik, akta kelahiran, ataupun akta kematian. Semua bisa dilayani melalui mobil adminduk,” terang Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan Sipil Titit Sri Harjanti.

Dan apa yang dilakukan dinas ini, sangat efektif membantu warga. Mereka banyak menanti kedatangan mobil adminduk, ke wilayah mereka. Apalagi, sebelum datang ke satu wilayah, terlebih dahulu diberitahukan jadwal kedatangan ke lokasi.

Ramainya warga ini, karena memang mereka memiliki keterbatasan tersendiri dalam pengurusan dokumen adminduk. Salah satunya karena lokasi geografis kediaman mereka, yang lumayan jauh dari lokasi pengurusan.

”Atau bisa juga karena mereka sibuk bekerja, sehingga tidak sempat datang ke kantor kecamatan maupun ke kantor dinas, ya. Sehingga kedatangan mobil adminduk ini, sangat membantu mereka,” katanya.

Terkadang kendala yang dihadapi hanyalah kurangnya persyaratan yang dibawa warga. Titit mencontohkan, ada kekurangan syarat dalam pembuatan akta kelahiran. Sehingga mereka harus melengkapinya terlebih dahulu.

Itu sebabnya, petugas tidak segan-segan untuk terus memberikan sosialisasi ataupun pengertian kepada warga, guna melengkapi persyaratan tersebut. ”Karena syaratnya memang mudah. Dan sudah dimiliki warga, hanya tidak dibawa misalnya. Nah, saat itu kita sampaikan ke warga supaya melengkapi terlebih dahulu,” paparnya.

Namun sejauh ini, proses pengurusan dokumen adminduk sendiri sangat mudah. Mudahnya proses pembuatan yang ada, memang sudah diamanatkan dalam undang-undang, peraturan presiden, hingga surat edaran menteri. Hal itu tertuang pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Nomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016, menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Kependudukan. Semua demi melaksanakan Undang-Undang Nomor 23/2006 dan Undang-Undang Nomor 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Titit menambahkan, dalam proses pengurusan yang dilakukan, tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis. Karena itu, dia mengimbau kepada seluruh warga, untuk bisa mengurus dokumen adminduk mereka. ”Karena dokumen itu sangat penting guna pengurusan semua hal yang diperlukan warga,” imbuhnya. (*)